Cara Membuat Paspor Online Untuk Umroh Dan Haji
Bagi kalian yang bingung tentang bagaimana sih cara membuat paspor online untuk keperluan umroh dan haji simak selengkapnya artikel di bawah ya..

Banyak yang masih bingung terkait hal membuat paspor secara online, bukan karena cara membuat paspor online itu sulit, tetapi kurangnya pengetahuan akan hal tersebut. Terutama bagi kalian yang ingin menunaikan ibadah umroh dan haji, tidak perlu bingung bagaimana cara membuat paspor online untuk umroh dan haji karena caranya terbilang cukup mudah. Walau pembuatan paspor ini online kalian tetap harus datang ke kantor imigrasi guna untuk keperluan seperti wawancara, verifikasi berkas, pengambilan foto dan sidik jari.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan pahami gambar alur pembuatan Paspor Online di bawah ini.

1. Mempersiapkan Berkas

Untuk membuat paspor online, baik secara umum ataupun untuk keperluan umroh dan haji dibutuhkan beberapa dokumen yang akan diberikan pada pihak imigrasi. Adapun dokumen-dokumen yang diperlukan tersebut meliputi:

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Kartu Keluarga
  • Akte Kelahiran
  • Ake Nikah (Bagi yang sudah menikah)
  • Surat Rekomendasi dari Travel Umrah

Silahkan scan semua berkas diatas dalam bentuk jpeg dengan format warna hitam putih. Ukuran setiap file scan yang dapat diupload ke website maksimal 1.8 Mb.

2. Membuka Website Imigrasi

Setelah melakukan langkah pertama, untuk membuat paspor online silahkan lanjut ke langkah yang kedua yaitu membuka website imigrasi.

Silahkan membuka website imigrasi di imigrasi.go.id, pilih menu Layanan Paspor Online, lengkapi data dengan benar, dan upload dokumen-dokumen yang telah disiapkan pada langkah pertama tadi. Jangan lupa pada bagian akhir cantumkan keterangan letak kantor imigrasi terdekat untuk mengambil paspor dan foto nantinya.

3. Mencetak Formulir Pendaftaran

Langkah kedua telah selesai, untuk melanjutkan pembuatan paspor online silahkan lanjut ke langkah ketiga yaitu mencetak formulir pendaftaran.

Setelah mengisi formulir pendaftaran pada langkah kedua, langkah selanjutnya yaitu print formulir online yang telah kalian isi tadi, pastikan lembaran print formulir online tersebut memiliki barcode. Agar nanti ketika datang ke kantor imigrasi kalian hanya perlu menunjukkan hasil print tersebut kepada petugas imigrasi, dengan begitu semua data kalian akan masuk ke database imigrasi.

4. Mendatangi Kantor Imigrasi

Setelah selesai melakukan langkah kegita, selanjutnya kalian perlu mendatangi kantor imigrasi. Namun sebelum itu pastikan untuk menyiapkan beberapa berkas diantaranya:

  • Materai 6000
  • Dokumen-Dokumen asli pada langkah pertama
  • Dokumen-Dokumen fotokopian pada langkah pertama
  • Formulir pendaftaran online pada langkah ketiga

Setelah yakin semua dokumen diatas telah disiapkan, selanjutnya silahkan datang ke kantor imigrasi terdekat pada tanggal yang telah ditentukan. Setelah sampai, kalian nantinya akan diberikan formulir yang berisi pertanyaan seputar data pribadi dan lokasi negara yang hendak kalian tuju. Setelah selesai mengisi formulir, silahkan ambil nomor urut pada ruangan pembuatan paspor.

5. Melakukan Pembayaran, Mengambil Foto, dan Melakukan Wawancara

Setelah urusan berkas telah selesai, kalian akan diberikan nomor antrian untuk melakukan pembayaran. Setelah pembayaran telah selesai kalian lakukan, kalian akan diminta melakukan foto.

Setelah melakukan foto, langkah selanjutnya dalam membuat paspor untuk umroh dan haji yaitu melakukan wawancara. Kalian akan ditanyai seputar negara yang ingin kalian tuju beserta tujuannya. 

Selanjutnya kalian akan disuruh petugas imigrasi untuk memeriksa kembali dokumen yang kalian berikan pas datang tadi. 

Selesai, kalian tinggal menunggu hari pengambilan paspor. Oh iya untuk pengambilan paspor di kantor imigrasi dapat diwakilkan.

Penutup

Sekian mungkin artikel yang dapat kami bagikan  tentang Cara Membuat Paspor Online Untuk Umroh Dan Haji. Semoga kalian dapat dengan mudah dalam melakukan proses pembuatan paspor online ini. Jangan lupa baca juga artikel kami sebelumnya tentang Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Di Korea Selatan.  Semoga bermanfaat dan terima kasih.

YOUR REACTION?

Disqus Conversations